Pengenalan API dan Web API




Pengenalan API dan Web API

Hasil gambar untuk web API

     Pada era digital atau era informasi saat ini, suka atau tidak, kehidupan manusia akan semakin tersentuh dengan digitalisasi, komputerisasi, smart phone-isasi dan adaptasi berbagai perangkat yang memanfaatkan data-data digital lainnya. Sering disebut juga dengan revolusi digital. Era digital yang dimulai sejak tahun 1970-an ini semakin terpompa perkembangannya seiring dengan lahir dan berkembangnya teknologi internet. Internet telah mengubah budaya interaksi manusia menjadi lebih ter-digital-isasi.

     Berbicara tentang era teknologi informasi, sering kita dengar istilah API, Web, HTTP, dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini penulis akan coba mendeskripsikan tentang salah satu istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita yaitu API. Teknologi informasi termasuk Internet dibangun dan disusun atas program-program kecil yang megandung sekumpulan instruksi, dibuat sedemikan rupa sehingga akhirnya dapat digunakan oleh manusia. Bagaimana program-program ini dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya?. API atau Application Programming Interface adalah aturan atau protokol yang berupa antaramuka “interface” yang memungkinkan interakasi antar program. API ini lah yang mencoba menjembatani program-program untuk bisa berkomunikasi membangun fitur yang lebih kompleks. 

      Kita dapat mengambil suatu contoh API pada program yang berinteraksi dengan saklar dan lampu pijar. Sebut saja ada program A yang menyediakan 2 fungsi, “nyalakan” dan “padamkan”. Pada suatu waktu kita ingin membuat program B yang meyediakan fitur lampu “flip-flop” yang mampu menyalakan dan memadamkan lampu dengan ritme tertentu. Program B tidak perlu repot-repot berinteraksi dengan saklar dan lampu secara langsung, akan tetapi dapat memanfaatkan program A untuk mengimplementasikan fungsi flip-flopnya. Dua fungsi program A ”nyalakan” dan “padamkan” ini dapat kita sebut sebagai API.

    Mungkin timbul pertanyaan dari contoh di atas mengapa program B tidak langsung saja berinteraksi dengan saklar dan lampu, tanpa perlu memanfaatkan program A. Disinilah aspek reusability API memegang perananan penting. Selain akan mempermudah pembuatan program B, keberadaan API pada program A juga memungkinkan implementasi dari program-program lain yang tidak membutuhkan fungsi “flip-flop” dari program B.

    API sendiri pada umumnya berbentuk koleksi program-program atau library. Library inilah yang dimaanfaatkan sampai sekarang ini sehingga kita dapat menggunakan aplikasi-aplikasi perangkat-perangkat keras yang ada. Selain berbentuk library di dunia Internet, API lebih dikenal dalam bentuk “web service” dan dapat disebut Web API.Web API adalah API yang bekerja diatas teknologi Web yang menerima request dari client dan memberikan response yang sesuai melalui protokol/aturan tertentu. Web API lebih populer dengan nama “web services”, karena API tersebut memberikan layanan-layanan “service” yang diminta oleh client. Berikut contoh web service yang disedikan oleh Youtube API:


Link diatas adalah permintaan untuk mendapatkan feeds video di Youtube. Jika kita meng-click link di atas akan muncul halaman betuliskan “Invalid id” menyatakan bahwa ID yang kita minta tidak valid. Bagaimana dengan link yang berikut :


     Kita akan memperoleh sejumlah informasi dari sebuah video yang ada di youtube. Video Id yang kita input kali ini valid (jika video tersebut masih ada) dan kita memperoleh data-data dan link untuk video tersebut (jika di lihat lebih detail). Kata kunci “feeds/api/videos” adalah antarmuka/interface yang disedikan oleh Youtube API untuk mengakses feeds dari video tertentu. Dan tentunya kita dapat memanfaatkan data-data ini untuk menciptakan applikasi-aplikasi lain.
     Saat ini implementasi web service cukup menjadi hal yang vital dalam globalisasi bisnis. Dengan munculnya berbagai macam perangkat seperti desktop, laptop, tablet, smart phone, e-book , dan lain-lain membuat peran Web API semakin vital. Sangat tidak efisien jika kita harus membuat aplikasi mulai dari nol untuk setiap perangkat tersebut.  Keberadaan Web API juga memberikan peluang kita untuk menentukan solusi/aplikasi tersendiri tanpa harus terikat ketat dengan layer bawah seperti perangkat keras. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa API memegang peranan vital dalam globalisasi bisnis teknologi informasi. Perusahaan yang menyediakan API memiliki kekuatan stategis terhadap berbagai aplikasi yang memanfaatkan API-nya. Perusahaan seperti Google, Apple dan Amazon telah membuktikan bahwa web services telah memberikan pendapatan yang cukup signifikan bagi bisnis mereka.


ADAM ADI PRAYOGO ( 1514321124)
UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Informasi Data Spasial Pemodelan Data Spasial

Sistem Informasi Data Spasial Sistem Koordinat

Sistem Informasi Data Spasial Sistem informasi geografis